SENAM

Publicado  Rabu, 23 November 2011


Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.
Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) dibentuk pada tanggal 23 Juli 1881, ketika perwakilan asosiasi senam dari Belgia, Prancis dan Belanda bertemu di Liége. Sebagai badan pengatur, asosiasi tersebut sangat dipercaya, baik oleh para anggotanya dan klub - klub senam di segala penjuru benua. Tahun 1897, 17 asosiasi nasional bergabung membentuk apa yang menjadi dasar dari European Gymnastics Federation. Tetapi ketika Amerika turut berkabung, asosiasi tersebut merubah namanya menjadi Fédération Internationale de Gymnastique atau FIG hingga sekarang.
FIG terdiri dari tiga cabang olahraga Olimpiade: senam artistik, senam ritmik dan trampolin. Setiap cabang diatur oleh sebuah Technical Committee yang terdiri dari seorang presiden dan enam anggota. Komite ini bertanggung jawab untuk mengkoordinasi masing - masing cabang olahraga dengan spesifik dalam hal persyaratan teknis untuk kompetisi sebagaimana mereka saling terkait dengan masing - masing cabang.

A.      Senam Artistik
SENAM ARTISTIK
Merupakan fusi dari keatletisan dengan keindahan. Mengkombinasikan kekuatan dan ketahanan dengan gaya dan keanggunan, manuver - manuver sulit telah dipertontonkan pada Olimpiade selama seperempat abad terakhir.
Nadia Comeneci medapatkan nilai sempurna, 10 pada Olimpiade Montreal 1976. Menurut para pengemar olahraga senam, hal itu merupakan nilai sempurna pertama dan terbaik yang pernah diberikan. Pesenam berumur 14 tahun itu meraih nilai yang sebelumnya dianggap mustahil untuk diraih, sebanyak tujuh kali di Olimpiade Montreal. Papan nilai elektronik yang diatur hanya untuk menampilkan tiga digit angka saja, menampilkan nilai sempurna Comenici, 10.00 menjadi 1.00.
Senam mempunyai sejarah yang sangat panjang hingga pada zaman Yunani kuno yang dimainkan pada Olimpiade kuno. Romawi kuno, Persia, India dan Cina tercatat telah memainkan permainan yang mirip, kebanyakan digunakan untuk melatih para pemuda sebelum berperang. Kata - kata yang digunakan pun beragam dan tidak mengacu pada kata Yunani, Gymnos yang berarti telanjang. Pada waktu itu, para atlet yang memainkan permainan tersebut, tidak menggunakan kostum apa pun.
Kompetisi
Pada senam artistik (dengan alat), kelas yang dilombakan untuk kategori putra adalah senam lantai, kuda - kuda, gelang - gelang, palang sejajar dan horizontal. Untuk putri: palang rintang, palang seimbang dan senam lantai. Kompetisinya termasuk kategori all-round dan tim, dnilai berdasarkan setiap penampilan pada alat.
Kelas
Putra:
  • Senam Lantai
  • Palang Horizontal
  • All - Round Perorangan
  • Palang Sejajar
  • Kuda - kuda
  • Gelang - gelang
  • Kompetisi Tim
Putri
  • Senam Lantai
  • Palang Seimbang
  • All - Round Perorangan
  • Kompetisi Tim
  • Palang Tidak Sejajar


B.      Senam Ritmik
SENAM RITMIK
Senam ritmik pertama kali menarik perhatian Fédération Internationale de Gymnastique (FIG) pada pertengahan abad 20, dijuluki sebagai senam modern oleh para penggemarnya.
Kompetisi
Senam ritmik hanya dibuka untuk kelas putri saja. Para pesenam menampilkan gerakan - gerakan indah dengan diiringi musik, di atas matras seluas 13m² dengan alat tambahan berupa tali, hoop, bola, tongkat dan pita. Pada kelas perorangan, para pesenam menampilkan nomor yang berbeda dengan empat sampai lima alat tambahan. Pada kelas tim, berjumlah lima orang tampil bersamaan dengan menggunakan alat - alat yang berbeda.
Kelas
  • Tim
  • All - round perorangan

C.      Trampolin
SENAM TRAMPOLIN
Sejak 1 Januari 1999, trampoline resmi sebagai kelas yang dilombakan pada cabang olahraga senam dalam Olimpiade.
Kompetisi
Pertama kali diikutsertakan pada Olimpiade Sydney 2000, menampilkan kelas perorangan putra dan putri. Melalui Alexander Moskalenko dan Irina Karavaeva, Rusia membawa pulang dua medali emas. Kelas Trampolin terbuka untuk perorangan putra dan putri.



0 komentar: